Departemen Budidaya Perairan,
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan,
Institut Pertanian Bogor.
Kuliah Perilaku
Konsumen Feb – Juni 2014
Dosen:
Dr Ir Lilik
Noor Yuliati, MFSA
Ir. MD
Djamaluddin, MSc
Ir.
Retnaningsih, MS
Text Book:
Ujang Sumarwan.
2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2
Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia
Catatan Kuliah Pertama
Saya Zirzis Rifaldianto mahasiswa Departemen Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.
Pada
hari Kamis, 13 Februari 2014 saya mengikuti kuliah Perilaku Konsumen
sebagai SC. Kuliah ini disampaikan oleh Dosen yang sangat ahli di bidang
konsumen, yaitu Prof Dr Ir Ujang Sumarwan MSc. Beliau juga menulis buku
dengan judul Perilaku Konsumen yang dijadikan buku pegangan untuk
mahasiswanya.
Hal
yang menarik dari kuliah ini adalah bahwa konsumen senang mencari harga
yang terbaik meskipun untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang lebih
besar dari selisih harga yang seharusnya. Kita sebagai konsumen sering
kurang memperhatikan sisa konsumsi seperti hanya disimpan antau bahkan
dibuang. Untuk saat ini pasar internasional sangat potensial karena
adanya kesamaan perilaku dan selera.
Perlaku
konsumen adalah perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari,
membei, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang
mereka harap dapat memberi kepuasan akan kebutuhan.
Beberapa contoh perilaku konsumen adalah :
o menawar,
membandingkan suatu produk (konsumen akan mencari harga termurah dan
membandingkan dengan produk lain yang memiliki harga yang lebih murah)
o perbedaan selera antar konsumen ( selera antar konsumen akan berbeda tergantung dari umur, jenis kelamin, kebutuhan dll)
o mengikuti trend ( konsumen muda akan mengikuti perkembanagn mode yang ada)
o mencari yang terbaik ( konsumen akan memilih barang dengan kualitas harga yang lebih bagus)
o memperhatikan design yang sesuai ( konsumen akan memilih barang yang sesuai dengan design atau bentuk yang diinginkan)
Berdasarakan apa yang telah dosen sampaikan bahwa riset perilaku konsumen itu terbagi atas 3 bagian yaitu:
- Prespektif pengambilan keputusan: memiliki masalah dan melakukan pengambilan keputusan rasional
- Presepektif eksperensial: memebeli produk tidak berdasarkan proses keputusan rasional untuk alasan kegembiraan
- Presfektif Pengaruh behavioral: membeli karena faktor luar seperti budaya, lingkungan dan ekonomi.
Mempelajari
perilaku konsumen adalah studi mengenai bagaimana seseorang membuat
keputusan untuk mengalokasikan sumber dana yang mereka miliki untuk
memenuhi kebutuhan akan suatu barang atau jasa.
Pelaku yang mmpelajari perilaku konsumen yaitu:
1. Pemasar ( Produsen harus mengetahui apa yang sedang diinginkan oleh konsumen)
2. Pegiat pendidikan dan perlindungan konsumen
3. Pemerintah dan anggota legislatif
Tahapan model keputusan konsumen:
Pengenalan kebutuhan ; pencarian informasi ; evaluasi alternatif ; pemebelian ;menjual kembali
Pengenalan kebutuhan ; pencarian informasi ; evaluasi alternatif ; pemebelian ;menjual kembali
Pada tahun 2015 akan diadakannya AEC (Asean Economic Comunity ) dan untuk mendapatkan produk yang berkualitas sesuai standar Indonesia maka adanya KKNI ( Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Terima kasih :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar