Selasa, 18 Februari 2014

Perilaku Konsumen

 Zirzis Rifaldianto

 Departemen Budidaya Perairan,

 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, 
 Institut Pertanian Bogor.


Kuliah Perilaku Konsumen  Feb – Juni 2014

Dosen:


Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA

Ir. MD Djamaluddin, MSc

Ir. Retnaningsih, MS



Text Book:

Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia






Catatan Kuliah Pertama
 
Saya Zirzis Rifaldianto mahasiswa Departemen Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.
Pada hari Kamis, 13 Februari 2014 saya mengikuti kuliah Perilaku Konsumen sebagai SC. Kuliah ini disampaikan oleh Dosen yang sangat ahli di bidang konsumen, yaitu Prof Dr Ir Ujang Sumarwan MSc. Beliau juga menulis buku dengan judul Perilaku Konsumen yang dijadikan buku pegangan untuk mahasiswanya.
Hal yang menarik dari kuliah ini adalah bahwa konsumen senang mencari harga yang terbaik meskipun untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang lebih besar dari selisih harga yang seharusnya. Kita sebagai konsumen sering kurang memperhatikan sisa konsumsi seperti hanya disimpan antau bahkan dibuang. Untuk saat ini pasar internasional sangat potensial karena adanya kesamaan perilaku dan selera.
Perlaku konsumen adalah perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membei, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harap dapat memberi kepuasan akan kebutuhan.
Beberapa contoh perilaku konsumen adalah :
o menawar, membandingkan suatu produk (konsumen akan mencari harga termurah dan membandingkan dengan produk lain yang memiliki harga yang lebih murah)
o perbedaan selera antar konsumen ( selera antar konsumen akan berbeda tergantung dari umur, jenis kelamin, kebutuhan dll)
o mengikuti trend ( konsumen muda akan mengikuti perkembanagn mode yang ada)
o mencari yang terbaik ( konsumen akan memilih barang dengan kualitas harga yang lebih bagus)
o memperhatikan design yang sesuai ( konsumen akan memilih barang yang sesuai dengan design atau bentuk yang diinginkan)
Berdasarakan apa yang telah dosen sampaikan bahwa riset perilaku konsumen itu terbagi atas 3 bagian yaitu:
  • Prespektif pengambilan keputusan: memiliki masalah dan melakukan pengambilan keputusan rasional
  • Presepektif eksperensial: memebeli produk tidak berdasarkan proses keputusan rasional untuk alasan kegembiraan
  • Presfektif Pengaruh behavioral: membeli karena faktor luar seperti budaya, lingkungan dan ekonomi.
 Mempelajari perilaku konsumen adalah studi mengenai bagaimana seseorang membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber dana yang mereka miliki untuk memenuhi kebutuhan akan suatu barang atau jasa.
Pelaku yang mmpelajari perilaku konsumen yaitu:
1. Pemasar ( Produsen harus mengetahui apa yang sedang diinginkan oleh konsumen)
2. Pegiat pendidikan dan perlindungan konsumen
3. Pemerintah dan anggota legislatif
Tahapan model keputusan konsumen:

Pengenalan kebutuhan ; pencarian informasi ; evaluasi alternatif ; pemebelian ;menjual kembali


Pada tahun 2015 akan diadakannya AEC (Asean Economic Comunity ) dan untuk mendapatkan produk yang berkualitas sesuai standar Indonesia maka adanya KKNI ( Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Terima kasih :)



Tidak ada komentar: